Admin Punto Web ID

Hubungan Menguntungkan Antara Media Sosial dan Brand Awareness

Media sosial dan brand awareness adalah dua hal yang tidak bisa dipisahkan. Apalagi saat ini ketika prospek bisnis lebih menguat jika dijalankan dengan sistem online. Namun, ternyata masih banyak pebisnis tidak memahami kaitan hubungan tersebut.

Untuk mengetahui secara pasti hubungan antara media sosial dengan brand awareness, tentu harus dipahami terlebih dahulu pengertian brand awareness tersebut. Dari sana bisa ditarik kesimpulan apakah keduanya memiliki hubungan atau sebaliknya.

Pengertian Brand Awareness

Brand awareness merupakan penilaian seseorang terhadap merek produk tertentu. Dari pengenalan ini, pelanggan lebih tertarik untuk membeli produk tersebut. Sehingga, keuntungan supplier bisa jauh lebih besar dari biasanya.

Brand awareness yang dimaksud bisa berupa logo, motto, slogan, gambar, warna dan sejenisnya. Semua tampilan yang menjadi pengenal merek produk terhadap pelanggan bisa termasuk ke dalam jenis brand awareness.

Brand awareness adalah pra-syarat konsumen lebih percaya pada merek produk tertentu. Masyarakat pelanggan juga lebih yakin untuk membeli produk, jika dari mereknya memang sudah berkualitas tinggi.

Hubungan Media Sosial dengan Brand Awareness

Brand awareness adalah pengenal sebuah merek produk kepada pelanggan. Tentunya spesialisasi dari merek harus dipublikasikan kepada masyarakat luas. Baru mereka bisa mengetahui jika ada satu merek produk yang bermutu.

Media sosial merupakan sarana untuk memperkenalkan produk kepada jutaan orang di dunia. Karena itu media sosial seperti Facebook, Twitter, Instagram dan WhatsApp layak dijadikan alat untuk mengorbitkan merek produk atau brand awareness.

Jika dilihat dari uraian di atas, hubungan antara media sosial serta brand awareness merupakan hubungan strategis yang penting. Bahkan, bisa dikatakan kalau media sosial menjadi syarat masyarakat memahami brand awareness.

Strategi Memperkenalkan Brand Awareness via Media Sosial       

1.  Memilih Laman Media Sosial yang Bagus

Strategi yang pertama adalah memilih laman media sosial yang bagus. Hal ini berarti Anda dipersilakan untuk memilih platform yang memang sekiranya bisa mempercepat publikasi brand awareness Anda sendiri.

Media sosial besar di internet jumlahnya cukup banyak. Tentunya tidak mungkin semua bisa digunakan sebagai sarana karena promosi merek produk justru tidak akan maksimal. Maka dari itu silakan dipilih saja yang cocok.

Tentukan pilihan media sosial yang memang sesuai dengan pangsa pasar yang ditargetkan. Misal jika targetnya adalah pelanggan dari kalangan pemuda maka bisa menggunakan instagram atau twitter.

WhatsApp juga merupakan salah satu dari platform media sosial, tetapi dengan skala terbatas. Media sosial ini cocok dijadikan sarana pengenal merek produk untuk perusahaan skala kecil-kecilan atau bisnis rumahan.

2.  Buat Konten yang Sesuai

Untuk memperkenalkan brand awareness melalui media sosial dibutuhkan konten-konten tertentu. Baik yang berupa narasi teks maupun konten audio visual seperti video dan gambar (image). Jika konten sudah jadi silakan posting ke media sosial yang digunakan.

3.  Input Review Bisnis

Strategi yang berikutnya adalah membuat review produk lalu diunggah di media sosial. Isinya bisa seputar manfaat, harga, fungsi, motif serta keunggulan dari produk yang akan dijual ke publik.

Jangan lupa untuk melakukan posting narahubung perusahaan. Sehingga, ketika ada pelanggan yang berminat bisa langsung menghubungi call center tersebut. Ini juga strategi yang membuat pelanggan merasa terlayani dengan baik.

4.      Sering-sering Mengadakan Giveaway dan Even Sejenis

Untuk lebih memperkenalkan brand awareness kepada masyarakat silakan buat even berhadiah semacam giveaway. Ini tidak hanya strategi yang menimbulkan rasa percaya tetapi juga pelanggan lebih tertarik untuk membeli produk.

Silakan manfaatkan hari besar sebagai satu kesempatan untuk memberikan harga promo dan diskon. Minimal bagi beberapa pelanggan pertama atau untuk mereka yang sudah pernah membeli produk dengan jumlah tertentu.

Jika hubungan antara media sosial dan brand awareness sudah diketahui dengan baik tentu strateginya juga lebih mudah untuk dijalankan. Maka dari itu, silakan perkenalkan merek produk usaha Anda sekarang juga.

Leave a Comment