Kol

Admin Punto Web ID

Mengenal Pengertian KOL dan Cara Kerjanya

Perkembangan zaman dan teknologi membuat sebagian besar masyarakat aktif dalam menggunakan media sosial. Hal ini membuat banyak produk ataupun jasa yang berusaha untuk membangun image baik di Internet. Salah satunya melalui penggunaan KOL sebagai bagian dari media promosi sosial media.

Pengertian Key Opinion Leader (KOL)

Apakah ada dari Anda yang saat ini belum mengetahui apa itu KOL atau Key Opinion Leader? Jika ya, mari simak penjelasan berikut ini.

Key Opinion Leader adalah seseorang yang mempunyai pengetahuan ataupun keahlian khusus di suatu bidang. Sederhananya, KOL merupakan seorang ahli yang pendapatnya dinilai valid atau dipercaya dalam bidang atau industri tertentu. Sehingga informasi atau pendapat yang disampaikan didengarkan oleh masyarakat yang jangkauannya lebih luas. KOL pun bisa mempengaruhi pendapat konsumen terhadap suatu layanan maupun produk.

Menariknya, KOL tidak hanya aktif di media sosial. Beberapa di antaranya justru lebih aktif di dunia nyata. Namun tentu saja tidak menutup kemungkinan jika Key Opinion Leader ini aktif di salah satu platform media sosial dan memiliki banyak pengikut.

Bagaimana Cara Kerja dari KOL?

Untuk cara kerja KOL yang pertama adalah mengenal siapa target yang akan disasar. Dengan begitu, dapat menentukan siapa sosok KOL yang cocok untuk memainkan peran yang diinginkan. 

Setelah menemukan seseorang yang dimaksud, jangan lupa untuk lihat sepak terjangnya. Apakah bisa memberikan dampak positif atau justru sebaliknya. Selanjutnya adalah pemilik brand tentunya harus menyediakan konten apa yang ingin dipromosikan sosok KOL. 

Jangan lupa juga memilih melalui media apa informasinya itu disampaikan. Apakah Facebook, Youtube, Instagram atau yang lain. Jangan lupa buat pesan yang menarik perhatian konsumen. Bisa juga disertai dengan link yang bisa langsung diklik penonton untuk mengunjungi halaman tertentu. 

Poin penting yang perlu diingat yaitu, KOL merupakan perantara antara konsumen yang disasar dengan pihak brand. Jadi ketetapan konten tetap menjadi yang utama, baik berupa gambar, video atau yang lain. 

Beberapa Manfaat dari Key Opinion Leader (KOL)

  • Melakukan Promosi dengan Endorsement

Melakukan endorsement melalui bekerja sama dengan KOL adalah cara yang efektif dan positif untuk mempromosikan bisnis dan produk Anda. Dengan merekomendasikan produk yang dilakukan oleh KOL, produk Anda akan dikenal luas dan lebih dipercaya. 

Hal ini karena followers KOL tersebut akan ikut menggunakan produk yang dipublikasikan melalui akun mereka. Di sini, Anda biasanya akan bisa mendapatkan peningkatan pengikut di akun media sosial bisnis, like dan interaksi, dan peningkatan penjualan.

  • Membangun Interaksi dengan Pelanggan

Anda dapat bekerja sama dengan KOL Management untuk mendapatkan KOL yang sesuai bagi bisnis Anda. Dengan menggunakan layanan KOL untuk melakukan promosi brand atau produk dan layanan bisnis, Anda akan membangun hubungan yang lebih dekat dengan pelanggan, bahkan dengan calon pelanggan. 

Satu hal yang perlu diingat, Anda harus memilih key opinion leader (KOL) yang tepat berdasarkan target pasar produk Anda. Sebisa mungkin, pilih KOL yang juga sudah menggunakan dan menyukai produk Anda. 

Interaksi dan hubungan yang terjalin erat dengan pelanggan bisa meningkatkan jangkauan pasar menjadi lebih luas. Promosi dari mulut ke mulut juga mengalami peningkatan karena pelanggan yang suka akan produk Anda akan dengan senang hati merekomendasikannya kepada lingkaran pertemanan mereka.

  • Meningkatkan Kepercayaan akan Produk Anda

Ada kalanya brand yang baru berdiri belum dikenal banyak orang sehingga media sosial yang menjadi official merk tersebut masih sedikit pengikutnya. Dengan strategi menghadirkan seorang Key Opinion Leader akan bisa membuat masyarakat lebih penasaran. 

Jika Anda mempromosikan produk melalui pemasaran secara konvensional, Anda akan membutuhkan waktu lama untuk meyakinkan calon pelanggan. Namun, saat menggunakan KOL yang merupakan public figure, atau sosok yang memang ahli di bidangnya, maka kepercayaan pelanggan akan produk Anda langsung terbentuk.

Hal ini karena, KOL memiliki keahlian dan pengalaman di bidang tertentu. Jika mereka menggunakan produk Anda, maka pengikut mereka akan lebih mempercayai produk Anda.

Anda juga ingin memanfaatkan keberadaan KOL dan kemampuan mereka dalam melakukan promosi produk? Agar tak salah pilih, Anda bisa bekerja sama saja dengan digital agency. Ada banyak digital marketing agency di Indonesia atau digital marketing agency Jakarta yang memiliki KOL management dan punya jaringan KOL yang luas. Bekerja sama dengan mereka membuat strategi digital marketing Anda jadi lebih tepat sasaran.